Cara Merawat Kain Sutra Yang Benar

By Unknown



Pakaian wanita tentunya sangat banyak dan banyak jenis kain juga yang bisa dijadikan pakaian. Salah satu bahan kain yang banyak digunakan dalam pembuatan pakaian seperti, busana dan memiliki karakteristik yang lembut, jatuh, ringan dan kesan elegan. Namun, untuk mendapatkan bahan sutera tidak semua orang bisa mendapatkannya, karena harga yang mahal, namun sebanding dengan kepuasan bagi yang memakainya.

Apa jadinya jika busana kamu yang terbuat dari kain sutera rusak, ohh tentu sangat disayangkan buka, oleh sebab itu, disini kita akan membahas mengenai cara perawatan kain sutera dengan benar agar tetap awet dan berkualitas.

Berikut akan kamu simpulkan beberapa cara terbaik untuk merawat kain sutra kesayangan kamu, mulai dari cara pencucian, pengerinan, menyetrikan hingga penyimpanan yang benar.

·         Pencucian

Cara terbaik untuk mencuci kain sutra kamu adalah dengan mencuci dengan manual yaitu menggunakan tangan dan hindari penggunaan mesin. Sebaba mesin cuci akan membuat resiko merusakan pada serat kain dan kasar. Sebaiknya kamu menggunakan deterjen dengan formula yang lembut, seperti shampoo bayi, karena kalau menggunakan detergen seperti biasa kandungan kimianya terlalu besar sehingga dapat membuat kusam. Kelebihan dari kain sutra adalah sifatnya yang anti debu dan noda, sehingga apabila busana kamu terkena noda sebaiknya siramkan cuka pada bagian yang terkena noda dan gosok dengan jari secara lembut.

·         Pembilasan

Sebaiknya gunakan air hangat untuk membilasanya, hal tersebut bertujuan agar lapisan sutra tetap bersinar dan indah. Kemudian bilas dengan air bersih setidaknya dua kali. Jangan meremas kain sutra secara langsung, sebaiknya di balut dengan handuk agar pengeringan cepat, karena air akan terserap di handuk.

·         Penjemuran

Untuk masalah penjemuran, banyk sekali yang ingin agar pakaian yang di jemur dapat cepat kering, namun tidak untuk kain sutra. Hindari penjemuran kain sutra di area sinar matahari langusng, sebaiknya di tempat teduh dan cukup d angin anginin saja.

·         Penyetrikaan

Setelah kering dan masuk ke tahap penyetrikaan, sebaiknya kamu menyetrikan baju sutra dengan keadaan jangan terlalu panas. Kemudian, untuk membuat warna tetap cerah, sebaiknya kamu membalik busana kamu terlebih dahulu dan dilapisi kain lagi. Baru-baru ini juga sudah mulai banyak yang menggunakan setrikan uap, namun kamu juga harus hati-hati terkadang efek uap tersebut akan tetap menempel di busana kamu.

·         Penyimpanan

Ini adalah tahap akhir dari semua proses yang telah kamu lakukan sebelumnya, karena ini termasuk salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas sutra kamu.  Sebaiknya kamu menyimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, serta gantung busana kamu. Kamu juga bisa menggunakan wewangian atau akar yang dapat mengusir ngengat di lemari kamu dan membungkusnya dengan kain dan bukan dengan plastik, hal tersebut bisa membuat berjamur.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua yang memiliki busana dengan bahan sutra.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar